Assalamualaikum Wr. Wb
Puji dan syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan YME karena dengan seijinnya lah, kami h4iteam dapaat memeriahkan blog ini.

Sabtu, 18 September 2010

Upaya Pengentasan GEPENG

Gelandangan , Pengemis danOrang Terlantar merupakan salah satu permasalahan  Sosial yang mendapat perhatian Pemerintah,karena masalah ini dapat merupakan ancaman dan hambatan dalam PembangunanNasional, yaitu Pengentasan Kemiskinan serta Upaya Peningkatan Sumber DayaManusia.


Gelandangan, Pengemis dan Orang Terlantar padadasarnya adalah warga masyarakat yang tergolong Fakir Miskin yang melakukanurbanisasi untuk menjalani kehidupannya. Pada umumnya mereka terdiri dari usiaproduktif dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang rendah, sehinggamereka tidak mampu bersaing / tersisih dari persaingan hidup yang tajam. Dalammenjalani kehidupan  dan penghidupannya,mereka tidak lagi mengindahkan agama, tatanan nilai / norma yang berlakusehingga mengarah pada perbuatan tercela dan dapat mengakibatkan terganggunyakeamanan , ketertiban dan kebersihan.

Gelandangan, Pengemis dan Orang terlantar akancenderung semakin bertambah, sebagai dampak kondisi sosial ekonomi saat  ini yang mengakibatkan bertambahnya jumlahmasalah kemiskinan, pendidikan, keamanan, ketertiban dan kebersihan dan masalahsosial lainnya. Oleh karena itu  masalahgelandangan, pengemis dan orang terlantar harus segera ditangani baik olehpemerintah maupun masyarakat secara terencana, terarah danberkesinambungan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar